Sabtu, 14 Februari 2009

BELAS KASIHAN DAN KEMURAHAN HATI TUHAN (Rm 9:13-16)

BELAS KASIHAN DAN KEMURAHAN HATI TUHAN
(Rm 9:13-16)

Oleh: Pdt. Saut Manurung, STh.
Tuhan mengatakan dalam nats ini bahwa kemurahan hati dan belas kasihan Tuhan itu tidak diberikan kepada setiap orang. Tetapi kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Disini kelihatannya seperti ada pilih kasih, ketidak adilan. Benarkah demikian?
Sebenarnya tidak, Tuhan tidak pilih kasih, tetapi Tuhan mengasihi siapa yang mengasihi-Nya (ams 8:17). Dan Tuhan mengasihi siapa yang percaya kepada-Nya (Yoh 3:16; Mark 12:30). Dan siapa yang percaya itulah yang diselamatkan. Mereka yang percaya itu adalah mereka – mereka yang dipilih dari semula.
Jadi manusia itu boleh dikategorikan sebagai berikut:
1. Antara orang yang dipilih dengan orang yang tidak dipilih.
2. Orang yang percaya dengan yang tidak percaya.
3. Oran yang mengasihi dan orang yang tidak mengsihi.
Saudara – saudara yang membaca ini termasuk kategori yang mana?
Apakah orang yang dipilih Tuhan ?
Apakah orang yang percaya kepada Tuhan?
Apakah orang yang mengasihi Tuhan?
Kita mengetahui ada juga orang yang dipilih dan yang percaya kepada Tuhan tidak mengasihi Tuhan. Mengasihi Tuhan artinya melakukan Firman-Nya (Yoh 14:15,21,23). Bagi saudara apakah anda mengasihi Tuhan itu?, Apakah engkau melakukan firman-Nya?
Jika engkau mengatakan “ya”, maka apapun yang engkau minta, engkau akan menerimanya (Yoh 15:7). Jika engkau menjawab “tidak” maka sadarlah, bukalah hatimu, biarkan roh kudus menuntun mu agar engkau menjadi pelaku firman /mengasihi Tuhan.
Percayalah kepada Tuhan, percayalah kepada firman-Nya, kalau kita percaya kepada Tuhan, kita tidak akan dipermalukan (Rm 10:9-11). Kalau saudara sudah percaya, berserulah kepada Tuhan atas segala permasalahan hidup mu (Rm 10:13). Kalau kita berseru kepada Tuhan, Tuhan akan member jawaban (Maz 34:18; Maz 50:15; Maz 118:5)
Dan jikalau Tuhan sudah menjawab segala seruan mu, doa mu, permasalahan mu, penyakit mu, jangan lupa kebaikan-Nya pujilah Dia (Maz 103: 2-4). Jadi saudara kita semua yakin bahwa kita adalah orang – orang yang dipilih sebelum dunia dijadikan. Itulah sebabnya kita semua adalah orang – orang yang percaya kepada Tuhan dan yang mengasihi-Nya.
Kalau kita orang percaya kepada Kristus, maka kita sudah dijadikan anak (Gal 3:26-27), dan sebagai anak kita berhak menerima belas kasihan dan kemurahan Hati Tuhan. Jadi saudara, jadi lah kau orang yang mengasihi Tuhan, Pelaku Firman, karena setiap orang yang melakukan Firman-Nya, akan diberkati-Nya, dan diberikan hidup yang kekal disorga. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar